Cara Pengiriman Barang Ke Malaysia Dari Indonesia

Cara Pengiriman Barang Ke Malaysia Dari Indonesia – Malaysia sebagai salah satu negara tetangga Indonesia memiliki hubungan yang erat. Malaysia sendisi menjadi tujuan Tenaga Kerja kita untuk mengais rejeki disana. Tidak kaget jika intensitas pengiriman barang dari dan ke Malaysia semakin tinggi tiap tahunnya.

Grafik peningkatan pengiriman barang ke luar negeri kadang tidak dibarengi dengan pengetahuan prosedur pengiriman yang tepat. Alhasil ada beberapa yang masih bingung terkait cara pengiriman barang ke luar negeri, dan jasa ekspedisi mana yang harus dipilih.

Cara Kirim Paket Ke Malaysia via EMS

Seperti halnya Indonesia, Malaysia juga tergabung dalam EMS Community. Yang dimaksud EMS sendiri adalah organisasi pos dunia (Universal Postal) yang menangani pengiriman barang, paket, atau dokumen skala internasional. Oleh sebab itu jasa layanan EMS yang juga disediakan oleh PT Pos Indonesia lebih banyak dipilih untuk mengirimkan barang ke 230 lebih negara di dunia, termasuk Malaysia.

Kirim paket ke Malaysia melalui layanan EMS sebenarnya sangat simple. Berikut panduan kirim paket ke Malaysia paling murah yang wajib diketahui:

  • Persiapan Paket

Mengingat ini adalah pengiriman barang ke luar negeri maka paket harus dipersiapkan sebaik mungkin. Pastikan pengepakan benar-benar aman dan sempurna karena kemungkinan proses pengiriman lebih lama karena jarak tempuh yang jauh. Cantumkan keterangan lengkap mengenai data pengirim dan penerima seperti nama,alamat, dan contact person.

  • Penyerahan Paket dan Pengisian Formulir

Berikutnya setelah paket kiriman dipastikan terbungkus rapi, pengiriman bisa dilakukan melalui cabang kantor pos terdekat. Paket kiriman terlebih dulu akan ditimbang oleh petugas. Berat keseluruhan paket akan menentukan tarif yang harus dibayarkan.

Selanjutnya petugas akan memberikan EMS-5, yaitu formulir yang terdiri atas 4 bagian seperti berikut ini:

  1. Formulir Pengiriman Barang. Pada form ini pengirim diminta untuk mengisi keterangan detail mengenai identitas (asli) pengirim. Pastikan semua terisi dengan benar untuk memudahkan proses pengiriman.
  2. Formulir Penerima Barang. Pada for ini pengirim diminta untuk mengisi keterangan detail mengenai identitas penerima barang, seperti alamat lengkap dan nomor telepon. Hal ini tak kalah penting dengan poin pertama supaya pihak EMS tidak mengalami kesulitan mendistribusikan paket kiriman ke alamat penerima. Apabila penerima berada di bagian kota kecil Malaysia, petugas EMS akan menghubungi pihak penerima untuk mengambil paket di kantor pos pusat. Tapi jika di daerah alamat penerima terdapat cabang kantor pos biasanya paket akan diantar langsung ke alamat penerima.
  3. Formulir Identifikasi Barang. Pada form ini berisi spesifikasi barang, misalnya jenis barang, berat barang, dan ongkos kirim paket (diisi oleh petugas kantor pos).
  4. Formulir Tanda Terima BarangForm ini merupakan tanda bukti pengiriman yang diberikan oleh agen pada pihak pengirim. Form ini juga berisi nomor resi sebanyak 13 digit yang bisa digunakan untuk tracking online.

Jadi apakah anda masih bingung untuk melakukan Pengiriman Barang Ke Malaysia, atau tidak menemukan cabang EMS di Indonesia, sebenarnya EMS memiliki satu kantor dengan Pos Indonesia. Alternatif lain dari Pos Indonesia untuk melakukan pengiriman barang ke Malaysia, bisa menggunakan Lion Cargo, Fedex atau DHL, tapi mungkin layanan ini hanya bisa ditemui di kota – kota besar di Indonesia.

SEkian artikel saya tentang Kirim barang ke Malaysia, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda cari. Terima kasih sudah membaca.

Mau Kirim Motor Ke Bali, Baca Ini Dulu

Views:
10
Article Tags:
·
Article Categories:
Belajar Kargo

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *